SEJARAH DESA WRINGINREJO

  21 Maret 2017  |  DESA WRINGINREJO

            Pada awal tahun 1890 telah datang seorang yang bernama MBAH MULYO asal dari Pedukuhan Genengan – Karang Lincak – Kragan – Rembang Jawa Tengah , Anak dari salah seorang bernama SALIYO beliau masih keturunan RADEN JAYENGTOSURO menantu Bupati Rembang .

Beliau (Mbah Mulyo) semasa hidupnya sangat rajin, disiplin, tekun dan tegas dalam menghadapi bebagai persoalan, karena ketekunannya beliau bisa menunaikan Ibadah Haji.

Sepulangnya menunaikan Ibadah Haji  namanya berubah menjadi KH. MOHAMMAD IKROM dan istrinya bernama SABINAH ada juga yang memanggil SAFINAH Putri Adi Pati Sumenep RADEN SUJAMAR.

Mbah KH.MOH IKROM Karena Disiplin Ilmu yang dimiliki lebih luas dan tinggi, maka beliau sangat disegani dan dihormati baik dikalangan Tokoh masyarakat Pribumi maupun Pembesar Belanda, bahkan Beliau setiap hari Jum’at legi memberikan Wejangan pada para santrinya disamping juga ada tamu luar yang datang di Kediaman Mbah KH MOHAMMAD IKROM Perlu minta Do’a, syarat dan macam-macam yang dibutuhkan. Juga termasuk dari bangsa Jawa sendiri, Cina dan bahkan juga ada dari pejabat Belanda, dibuktikan dalam sejarah :

Pernah ada seorang Belnada Mandor Penguasa Hutan Kali Baru, mempunyai keinginan menjadi Residen BESUKI, orang Belanda tersebut menyuruh Pembantunya atau bawahanya untuk mencari orang tua/Pinisepuh untuk dimintai petunjuk, Kebutulan Pembantu tersebut berjalan dan mencari orang tua sampai ketemu dengan MBAH KH. MOHAMMAD IKROM dan menyampaikan keinginan dari Majianya, Kemudiam Mbah KH., Mohammad Ikrom Matur /Bilang “ Cong Majikan kamu Surah datang Sediri kesini” Akhirnya pembantu tersebut segera pulang dirumah majikanya, dan sesampainya di Rumah Majikanya bercerita dan menyampaikan pesan dari Mbah KH. MOHAMMAD IKROM wal hasil penyampaian pembatu tersebut akhirnya Majikan Segera Berangkat Rumah Dalem Mbah KH Mohammad Ikrom, setelah sampai dirumah KH. Mohammad Ikrom, Majikan tersebut dan belum sempat menyampaikan Maksud dan Tujuanya, oleh Mbah KH. Mohammad Ikrom Mandor  tersebut disuruh segera pulang, karena apa yang diinginkannya sudah terkabul, Begitu Mbah KH Mohammad Ikrom Mengucapkan, maka Mandor (Belanda ) tersebut segera pulang.

Dan sesampainya dirumah ternyata SK Panggilanya sebagai Rsiden Besuki Sudah turun.

Karena genbiranya Mandor (Belanda) tersebut selisih beberapa hari Datang kembali menemui Mbah KH. Mohammad Ikrom.

Sampai di hadapan beliau, Mandor mengucapkan terima kasih atas do’a Mbah KH. Mpohammad Ikrom, dan sangking senangnya Mandor (Belanda) tersebut sempat melontarkan “ Sa’niki Mbah Kyai minta Upah apa? “

Mbah Kyai Mohammad Ikrom menjawab “ Saya Tidak minta upah apa-apa. Hanya saya mempunyai permintaan agar dijinkan babat alas KOPEN LUMBAR …” yang pada saat itu masih berupa Hutan belantara atau alas gong liwang liwung jalmo moro jalmo mati. Yang ada diwilayah Genteng bagian Timur.

Kemudian tidak terlalu lama permintaan Mbah Kyai Mohammad Ikrom Dikabulkan dan dijinkan bahkan disetujui oleh Pejabat Pemerintah yang lain.

Termasuk yang menyetujui, Petinggi di Genteng : MAS TIRTO

Asisten yang ada di Cluring   : MAS ASTROPURO

Wedono Rogojampi                : MAS MULYO KUSUMO

Berangkat dari ijin Pejabat yang berwenang maka Mbah Kyai Mohammad Ikrom segera babat alas yang dibantu oleh para Santri atau muridnya pada tahun 1894 dengan semboyan “ SEPI ING PAMRIH RAME ING GAWE”  disisi lain Mbah KH Mohammad Ikrom tetap memberikan pengajian atau wejangan terhadap santrinya sampai sampai tempat penampungan Dalem Kyai tidak mencukupi.

Konon Ketika Itu disebelah Rumah Dalem Mbah KH Mohammad Ikrom ada Pohon beringin besar dan Rindang. Karena Kerindanganya dibawah pohon tersebut digunakan untuk duduk-duduk pasa santri dan masyarakat untuk mendengarkan pengajian dari Mbah Kyi Mohammad Ikrom.

Dan lama kelamaan para santri tersebut membuat Gubuk gubuk Kecil dibuat untuk istirahat bahkan untuk bermalam disitu. Semakin lama keberadaan gubuk-gubuk dibawah Pohon Beringan Ramai atau Rejo, Maka Mbah Kyai Mohammad Ikrom memberikan sebutan nama “WRINGINREJO” lambat laun keberadaan pedukuhan tersebut semakin ramai maka Mbah Kyai Mohammad Ikrom Mengusulkan, agar Desa Tersebut dipisah menjadi Dua. Yang Dulunya masih menjadi satu Desa Kembiritan.

Akhirnya apa yang diusulkan oleh Mbah Kyai Haji Mohammad Ikrom terkabul/dikabulkan. Sehingga Desa yang induk adalah  Desa Kembiritan dan yang satunya adalah Desa Wringinrejo.

Pada Tahun 1901 Desa Kembiritan mengadakan Pilihan Petinggi atau Lurah atas perintah dan Do’a Mbah Kyai Mohammad Ikrom akhirnya Murid Beliau yang bernama SHOLEH terpilih menjadi Petinggi atau Lurah Kembiritan dan setelah berangkat  Ibadah Haji bernama HAJI SHOLEH RESOWONO.  Dan Untuk Desa Wringionrejo yang menjadi lurah adalah MOHAMMAD TALBAN. Tetapi karena Lurah TALBAN masih dianggap keturunan Pemberontak Pemerintah Belanda, maka beliau di pecat oleh Pemerintah Belanda.

Sehingga Petinggi/Lurah Desa Wringinrejo yang pertama kali adalah :

1. MOHAMMAD TALBAN                         tahun 1914

2. SYA’IDAN                                           tahun 1914 (Blm ada satu Tahun meninggal Dunia)

3. SUROREJO                                        tahun 1915-1927

4. MANGUN TARUNO                             tahun 1927-1942

5. JOIKROMO                                        tahun 1942-1950

6. BADERI                                             tahun 1950 (belum ada satu tahun meninggal dunia

                                            diganti Pj.MISPAN belum ada satu tahun meninggal dunia juga)

7. DJAHURI SINGODIMEDJO                   Tahun 1951-1989

8. H.,FATCHUR RACHMAN                      Tahun 1989-1998

9. AGUSTO SH.                                      Tahun 1998-2006

10. BAMBANG HIDAYAT SAP.                  Tahun 2006-2007 Pj. Kepala Desa

11. AGUSTO, SH                                     Tahun 2007 – meninggal tahun 2011

12. ALI MAHPUR                                     Tahun 2011 – 2012 Pj. Kepala Desa

13. MU’ADIM DAMIRI                               Tahun 2012 – Sekarang.

 

Contact Details

  Alamat :   Jl DIPONEGORO NO 184
  Email : desa_wringinrejo@yahoo.com
  Telp. : (0333) 846713
  Instagram : pemdeswringinrejo
  Facebook : Pemerintah Desa Wringinrejo
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi